Asia Tengah dipilih jadi lokasi paling baik untuk dikunjungi berekreasi tahun kedepan versus Lonely Planet.

Asia Tengah ditempati oleh lima negara yang namanya berakhiran 'stan', yaitu; Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, serta Uzbekistan.

Baik pada musim panas, musim salju, atau musim semi, indah dalam semua situasi ialah kesan-kesan pertama waktu menginjakkan kaki di Asia Tengah.

Bila ingin berkunjung ke ke lima 'stan', akhir musim panas serta awal musim gugur ialah waktu paling baik.

Berikut enam fakta untuk berekreasi di Asia Tengah pada tahun kedepan:

1. Nikmati riwayat unik di Turkmenistan

Sudut-sudut di Ashgabat, ibu kota Turkmenistan ini dihiasi oleh air mancur, bulevar berlantai marmer, serta patung emas.

Bila dilihat lebih dekat, dekorasi kota ini bertopik pemimpin pertama negara ini; Saparmurat Niyazov.

Pria yang meninggal dunia pada 2006 ini membesarkan Turkmenistan dari sumber daya alam gas bumi. Oleh karenanya masyarakat di sini benar-benar memujanya.

Panorama kota ini seperti dengan latar dalam film dystopian. Tidak ada kemacetan bermakna, tetapi jangan terkejut waktu lihat jumlahnya polisi yang berjaga dengan senjata api di sini.

Masyarakat lokal banyak yang masih kenakan pakaian tradisionil. Bila berekreasi di kota dengan riwayat serta pemandangan unik masuk dalam daftar Anda, silahkan hadir ke Turkmenistan.

2. Jalan Sutra di Bukhara, Uzbekistan

Bila Ashgabat seperti tempat film, karena itu Bukhara seperti museum. Kota paling besar ke-lima di Uzbekistan ini mempunyai 140 monumen serta bangunan bersejarah. UNESCO menasbihkan kota ini dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Kota ini berisi riwayat peradaban manusia 5.000 tahun yang kemarin. Begitu halnya riwayat perubahan agama, hingga kota ini termasuk religus. Masjid agung Po-i-Kalyan jadi salah satunya saksi bisu di sini.

Selain itu ruang cafe serta bar dapat diketemukan di Lyab-i Hauz.

3. Melewati Pamir Highway, Tajikistan

Melintang sampai ketinggian 7.495 mtr., Pegunungan Pamir bersebelahan dengan Afghanistan.

Walaupun medannya naik, tetapi tulis sampai di atasnya wisatawan dapat lihat panorama yang mengagumkan, dari mulai tebing batu, padang rumput, sampai pembangunan jalan tol yang sedang berjalan.

Pegunungan ini jadi ruang road trip favorite wisatawan yang hadir dengan sepeda, motor, atau mobil.

4. Berkuda atau berkemah di Kirgistan

Bila punyai peluang berkendara dari Tajikistan ke Kirgistan, wisatawan dapat sekaligus juga lihat Gunung Lenin.

Wisatawan dapat juga mendalami lokasi ini dengan berkuda atau menginap di tenda ciri khas Mongolia yang disebutkan yurts.

Lokasi Sary-Chelek masuk dalam daftar Cagar Biosfer UNESCO yang harus didatangi. Di sini wisatawan dapat menelusuri ruang hijau seluas 270 hektar.

5. Panorama fiksi ilmiah di Bayterek Tower, Astana, Kazakhstan

Film 'Borat' memvisualisasikan satir dari kemodernan "instant" yang berlangsung di Kazakhstan. Walau sebenarnya ibu kotanya, Astana, tidak sedangkal itu.

Kazakhstan kaya minyak, batu bara, serta mineral. Negara ini termasuk kaya, hingga pemerintahnya membuat banyak gedung pencakar langit jadi sinyal perkembangan di Astana.

Dari Bayterek Tower wisatawan dapat memandangi sudut-sudut kota Astana. Hadir kesini terasanya ada dalam tempat film fiksi ilmiah.