2. Bersiaplah kecewa sebelum merasa nyaman



Sewaktu beberapa anak masih kecil, rumah dipenuhi mainan, baju kotor, serta kertas-kertas yang amburadul. Saat ini, mereka telah dewasa. Tetapi, rumah belum juga berasa nyaman sebab dipenuhi kebanyakan barang.


Mungkin Anda pernah ingin keluarkan serta buang semua barang untuk menggantinya dengan yang baru serta mengawali dekorasi rumah dari pertama. Atau kepala Anda dipenuhi beberapa inspirasi untuk bikin rumah jadi lebih rapi, tetapi Anda tidak paham harus mengawali darimanakah.


Darimanakah Anda dapat tahu jika beberapa barang di dalam rumah kebanyakan? Sebetulnya, ini berbentuk subyektif. Artikel bertopik Clutter versus. Keepers tulisan Laura Gaskill, serta Beautiful Clutter? tulisan Samantha Schoech, tuliskan jika hasrat serta keperluan akan kenyamanan itu beragam.

Banyak hal yang butuh ditanyakan ialah :

  • Apa Anda merasakan kerepotan?
  • Apa mengatur serta membereskan rumah Anda hanya tema biasa, atau hal yang betul-betul butuh?
  • Apa Anda merapikannya dengan teratur, tapi rumah Anda belum pernah betul-betul rapi?

Bila jawabannya ialah ya, meskipun untuk satu pertanyaan saja, ini memberikan indikasi jika aksi untuk singkirkan barang yang tidak dibutuhkan akan berguna.

Ini ada 7 panduan untuk kurangi, mengendalikan, serta menyederhanakannya jadi hal yang betul-betul Anda perlukan serta kehendaki di rumah Anda.


1. Awalilah dengan hasil akhir yang Anda idamkan

Pikirkan kondisi rumah yang Anda kehendaki. Sesudah betul-betul jelas, Anda mulai bisa singkirkan beberapa barang yang tidak dibutuhkan .


2. Bersiap-siaplah sedih sebelum merasakan nyaman

Anda akan merasakan sedih sebab buang barang yang sudah Anda beli sebab dahulu menyenanginya. Tapi, menjaga barang yang tidak betul-betul dibutuhkan, bukan jawaban untuk memperoleh kenyamanan rumah Anda.


3. Maafkan diri kita

Waktu Anda merasakan sedih serta bersalah sudah buang barang yang menghamburkan uang Anda, ambil waktu sesaat. Sebutkan pada diri kita “Aku maafkan diriku” serta teruskan singkirkan ‘barang sampah’ Anda.
4. Meminta pertolongan

Apa Anda mempunyai keluarga atau rekan yang hoby mengendalikan barang? Mintalah tolong pada mereka. Tidak hanya memperoleh pertolongan tenaga, beban rasa bersalah akan menyusut.
5. Donasikan, barter atau buang ‘barang sampah’ Anda

Barang yang tidak Anda butuhkan, masih mungkin bermanfaat untuk orang lain. Donasikanlah serta rasa bersalah Anda akan menyusut. Juga bisa barter atau ganti lebih dengan barang yang Anda butuhkan untuk ‘rumah baru’ Anda. Jangan menunda untuk buang barang yang tidak dibutuhkan .
6. Memisah serta memilihnya

Mengendalikan serta membereskan rumah kembali memakan waktu beberapa minggu serta beberapa bulan. Pilahlah serta pilih ruangan yang akan Anda bereskan lebih dulu. Tiap satu ruangan yang sukses Anda atur, Anda akan sampai kenikmatan serta kenyamanan yang didambakan, sekaligus juga semangat untuk meneruskannya.
7. Pikirkan barang yang akan Anda loloskan saat genting

Barang yang Anda loloskan waktu genting ialah barang yang betul-betul Anda butuhkan. Dengan memikirkannya, Anda semakin lebih konsentrasi membereskan barang yang paling dibutuhkan dulu.


Kesimpulannya, ada 3 step untuk menata ulang rumah Anda :

- Kelompokkan beberapa barang jadi “disimpan”, “didonasikan” serta “sampah”

- Aturlah kembali kelompok “barang disimpan”

- Taklukkan 2 kelompok yang lain.


Seperti beberapa hal yang lain dalam kehidupan, “sederhana” belum pasti “mudah”. Begitupun dalam mengatur serta membereskan rumah. Tetaplah konsentrasi pada beberapa barang yang betul-betul dibutuhkan serta Anda akan memperoleh kembali kenyamanan rumah Anda.