Suhu panas yang berlangsung di daerah Indonesia beberapa waktu paling akhir beresiko menyebabkan heat stroke. Sama tetapi berlainan, heat stroke mempunyai beberapa ketidaksamaan dengan stroke.

Stroke serta heat stroke adalah keadaan kehancuran otak yang berlangsung karena masalah supply darah. Dua keadaan ini saling menyerang otak.

Beda stroke serta heat stroke terdapat pada pemicu, proses berlangsungnya penyakit, serta dampak yang dibuat. Stroke dipacu unsur efek seperti hipertensi dan penyakit jantung serta pembuluh darah. Sedang heat stroke dipacu suhu panas.

"Pemicu stroke ialah supply darah lewat pembuluh darah yang menyusut atau pecahnya pembuluh darah di otak," tutur Sesditjen Pengaturan serta Mencegah Penyakit Kementerian Kesehatan Sedang heat stroke dikarenakan oleh kekeringan pada otak.

Heat stroke, kata Achmad, berlangsung sebab suhu panas yang membuat badan alami dehidrasi berkelanjutan. Dehidrasi kronis itu membuat badan kekurangan cairan, terhitung juga kekeringan pada otak.

Heat stroke biasanya dengan diawali kecapekan, konsentrasi, konsentrasi terusik, serta kesadaran yang mulai hilang. Waktu otak betul-betul jadi kering serta supply darah tidak memenuhi, tanda-tanda stroke mulai ada. Tanda-tanda heat stroke hampir serupa dengan stroke seperti kejang-kejang.

Dampak yang diakibatkan stroke serta heat stroke berlainan. Stroke biasanya mengubah anggota badan tersendiri, seperti ketakmampuan bergerak di bagian badan samping kiri, mulut miring, ataukah tidak dapat bicara. Sedang heat stroke menyerang semua sisi otak serta dampaknya ke semua badan.

"Stroke lebih lokal, contohnya organ kiri. Jika heat stroke sebab panas itu dehidrasi keseluruhan. Tidak ada [otak atau sisi tubuh] yang kering samping," papar Achmad.

Heat stroke bisa dihindari dengan konsumsi banyak air waktu suhu udara sedang panas. Dalam satu hari, orang dewasa harus konsumsi dua liter air.

Sedang stroke bisa dihindari dengan menghindarkan unsur efek serta mengaplikasikan pola hidup sehat, seperti menghindarkan rokok, olahraga, dan menghindarkan gula, garam, serta lemak.