Padatnya kegiatan membuat beberapa orang pilih keramas pada malam hari, serta putuskan untuk langsung tidur dengan rambut basah sebab capek. Walau sebenarnya, tidur dengan keadaan rambut dapat menyebabkan beberapa permasalahan.

Merilis The Healthy, tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan kehancuran pada folikel atau batang rambut. Walaupun tidak berlangsung saat itu juga, tetapi rutinitas tidur dengan rambut basah semakin lama akan memengaruhi kesehatan rambut.

Menurut Olga Gilbert, penata rambut di J. Russel Salon, Palm Desert California, rambut yang dibiarkan basah sebelum tidur akan membuat rambut lebih gampang rontok serta patah, lebih jika rambut basah langsung di ikat atau kempit.

Tidak hanya jadi gampang rontok serta patah , tidur dengan rambut yang masih basah akan memengaruhi keindahan rambut esok paginya. Rambut semakin lebih susah di mengatur serta tidak dapat diatur, hingga membuta Anda tidak dapat tampil dengan rambut yang sempurna.

"Saat Anda bangun dengan rambut yang susah ditata, karena itu Anda harus membasahkannya untuk memperoleh rambut yang lebih gampang diatur. Ini akan menghabiskan waktu pagi Anda," kata Gilbert.

Selain itu dikutip dari Time, Dr. Adam Friedman profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran serta Pengetahuan Kesehatan George Washington University menjelaskan, rambut basah yang tidak menyengaja tentang muka saat tidur bisa menyebabkan iritasi kulit. Waktu air di rambut menguap, ini dapat juga mengakibatkan kekeringan di muka atau kulit kepala. Kekeringan yang tidak ditangani bisa mengakibatkan rasa gatal dan ketombe.

Seringkali juga, orang yang tidur dengan rambut basah akan merasakan sakit kepala pada keesokannya karena suhu di kepala serta badan yang berlainan. Jika rambut yang basah diikat atau dibalut handuk, dapat membuat rambut tertarik, memengaruhi perputaran darah, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala.

Tidur dengan rambut basah memang tidak disarankan, tetapi bila Anda sangat terpaksa untuk tidur dengan rambut yang basah, ada satu langkah yang dapat dikerjakan untuk kurangi efek rambut rusak. Triknya dengan mengubah sarung bantal katun ke bahan yang lebih lembut seperti sutra. Sutra mempunyai permukaan yang tambah lebih halus, hingga tidak akan mengakibatkan kerusakan rambut.

Jika tidak mempunyai sarung bantal sutra, sebaiknya untuk mengeringkan rambut terlebih dulu, paling tidak rambut sedikit kering serta tidak basah kuyup.