Faedah Alami Kenikir Kuning

Daun kenikir seperti yang kita mengenal memiliki rasa dan berbau yang benar-benar ciri khas, hingga cukup beberapa orang yang suka pada sayur daun kenikir. Langkah memproses daun kenikir umumnya cukup di rebus untuk jadikan sayur jadi pelengkap makanan urap dengan kombinasi bumbu parutan kelapa pedas…hmmm leazat, atau juga bisa dijadian sayur dalam pecel dengan bumbu sambel kacang, wah sangat nikmat rasa-rasanya.


Tetapi tenyata ada banyak type dari kenikir, yakni

  • Kenikir Sayur (Cosmos caudatus)
  • Kenikir Bunga Hias yang berbunga sendi (Cosmos sulphureus)
  • Kenikir Bunga Hias susun(Cosmos bipinnatus) serta Kenikir Tahi Kotok / Marigold (Tagetes erecta).

Kesemua type ini terhitung dalam familia Asteraceae atau yang biasa disebutkan oleh orang jadi type kenikir-kenikiran. Oleh karenanya kita harus cermat dalam pilih dengan lihat bentuk bunga serta daunnya, kenikir yang mana yang disebut. Untuk Marigold, masih lebih gampang kita membedakannya. Bentuk serta berbau daun Marygold jika kita remas bau tidak enak, langu, berlainan dengan daun kenikir yang tajam tetapi berasa fresh.

Kenikir Sayur (Cosmos caudatus), bunganya berdiameter kecil sebesar coin kuningan Rp. 500, mahkota bunganya berwarna pink dengan benang sari berwarna kuning. Kenikir Sayur cuma mempunyai sedikit bunga. Berlainan memang dengan Kenikir Hias yang dalam pertumbuhannya mempunyai banyak bunga.

Langkah perkembangbiakannya benar-benar gampang, yakni dengan menebar benang sari yang sudah kering pada ruang tanah yang gembur. Tidak memerlukan waktu lama buat tanaman ini untuk tumbuh serta memperlihatkan tunasnya. Tanaman ini mempunyai ciri-ciri senang akan cahaya matahari.

Faedah Daun Kenikir :
  1. Tingkatkan Skema Imun, Curahan vitamin A, vitamin C, serta vitamin E dalam daun kenikir dapat melakukan perbaikan sekaligus juga tingkatkan skema kebal badan serta tingkatkan proses metabolisme badan.
  2. Menantang Kanker, Kanker memang masih jadi mimpi jelek buat tiap orang sebab siapa saja dapat terserang penyakit ini. Senyawa terpenoid, saponin, anti-oksidan, serta flavonoid di daun kenikir kerja efisien untuk menantang sel kanker terutamanya kanker hati, kanker lambung, serta kanker payudara.
  3. Menahan Proses Penuaan Awal, Vitamin E dan zat anti-oksidan yang terdapat di daun kenikir diperlukan oleh badan serta kulit. Tidak hanya berperan membuat kulit lebih sehat serta kencang, ke-2 nutrisi itu di perlukan untuk menahan kulit proses dari penuaan awal.
  4. Lancarkan Proses, BAB Daun-daunan yang kaya serat alami berguna untuk menolong proses metabolisme badan seperti BAB, begitupun pada daun kenikir. Buat Anda yang alami sulit buang air besar jalan keluarnya gampang saja, mengonsumsi daun kenikir dengan teratur untuk memperoleh faedah seratnya.
  5. Menangani Berbau Mulut, Berbau mulut bisa disebabkan sebab kegiatan bakteri serta kuman di di air liur yang selanjutnya jadi gas. Coba untuk kunyah daun kenikir yang sudah dicuci bersih sepanjang 30 detik. Kandungan koniferil alkohol di dalamnya akan membunuh kuman serta bakteri pemicu berbau mulut.
  6. Bersihkan Darah, Daun kenikir bermanfaat meneteralisir toksin dalam darah. Ialah vitamin E, flavonoid, serta anti-oksidan yang bicara di balik faedah yang menyenangkan ini.
  7. Menangani Gondongan, Gondongan ialah satu pembengkakan yang berlangsung pada ruang leher yang selintas seperti gondok. Anda dapat coba memoleskan daun kenikir yang sudah ditumbuk halus 3x satu hari. Biarlah senyawa polifenol serta tokoferol menurunkan peradangan pada gondongan.
  8. Mengobati Penyakit Maag, Mempunyai Kandungan zat polifenol, hidroksieugenol, serta tokoferol yang bermanfaat menetralisir asam lambung pada tubuh. Ke-3 type zat ini berperan untuk memperkuat otot sphingter pada lambung anda. Untuk menolong organ ini terima beberapa konsumsi makanan tanpa ada memunculkan bahaya pada lambung, rebus daun kenikir. Saring serta minum airnya pada saat hangat. Anda dapat juga mengonsumsinya jadi urap atau lalap.
  9. Menyembuhkan Lemah Jantung, Kenikir nyatanya memiliki kandungan flavonoid serta anti-oksidan Ini telah teruji dengan klinis dengan konsumsi dengan teratur daun kenikir tiap hari. Ke-2 senyawa ini efisien untuk menguatkan otot jantung dan pembuluh darah yang akan sehatkan jantung. Triknya yakni dengan minum air rebusan dun kenikir 2x dalam satu hari.
  10. Meningkatkan Stamina, Beberapa orang yakin dengan minum air rebusan daun kenikir dapat memelihara stamina badan supaya selalu fit selama seharian meskipun anda banyak lakukan kegiatan. Tidak hanya air rebusan langkah konsumsi daun kenikir dapat juga langsung jadikan lalapan waktu anda makan.