Kaempferia galanga atau yang lebih diketahui dengan kencur adalah salah satunya tanaman yang seringkali dipakai untuk memasak. Tanaman satu ini masih juga dalam satu famili dengan jahe serta itu penyebabnya masih beberapa orang yang susah memperbedakan di antara jahe serta kencur. Tidak hanya jahe nyatanya lengkuas serta kencur mempunyai keserupaan. Pada intinya buat pemula yang baru masuk dapur sedikit akan alami kesusahan saat lihat lengkuas, jahe dan kencur.


Tapi seiring waktu berjalan karena itu Anda bisa membedakannya dari aroma yang dipunyai semasing tanaman. Kencur mempunyai aroma yang kuat dengan bentuk struktur seperti kunyit. Buat Anda yang bersuku sunda karena itu Anda tentunya tidak asing dengan kencur sebab banyak makanan sunda yang menggunakan kencur jadi salah satunya bumbu penting. Kencur bukan sekedar dipakai jadi bahan untuk memasak tapi juga bisa dipakai jadi bahan obat untuk memperhatikan kesehatan badan.


Waktu musim hujan hadir terdapat beberapa tanda-tanda penyakit yang akan menyerang badan seperti pilek maupun batuk. Bila Anda alami batuk karena itu Anda dapat berusaha untuk konsumsi kencur jadi salah satunya ramuan tradisionil. Untuk menangani batuk berdahak kencur diketahui jadi salah satunya obat yang ampuh. Serta beberapa vokalis konsumsi kencur untuk memperhatikan kesehatan pita suara.


Tidak hanya bermanfaat untuk memperhatikan kesehatan pita suara, Anda dapat juga konsumsi kencur jadi pereda stress. Satu riset yang dikerjakan oleh Departemen farmasi Kampus Jahangirnagar Bangladesh tunjukkan jika ekstrak dari tanaman kencur baik daun dan rimpang mempunyai karakter antidepresen yang mana bisa menentramkan saraf. Serta dari sini kencur makin diakui untuk menangani resah, stres dan kuatir.


Diluar itu bila Anda seringkali sakit perut serta diare karena itu Anda dapat konsumsi ekstrak kencur jadi obat diare. Kandungan zat sitotoksik serta antibakteri pada kencur benar-benar kaya yang mana ini bisa dipakai jadi obat anti diare. Di Indonesia sendiri, kencur adalah salah satunya bahan baku penting untuk pengerjaan jamu. Jamu beras kencur adalah jamu memiliki bahan penting kencur, beras, asam jawa dan ditambah lagi gula merah. Jamu beras kencur benar-benar baik untuk tingkatkan nafsu makan, menangani pencernaan, pilek dan sakit kepala.


Untuk sisi akar Anda dapat memakainya untuk menyembuhkan sakit gigi dan masalah ketombe. Serta bila Anda alami cidera otot karena itu Anda dapat menggunakan akar kencur untuk menyembuhkan pembengkakan. Triknya cukup gampang yakni dengan menumbuk kencur dengan beras lalu sesudah halus oleskan pda anggota badan yang alami cidera. Tidak hanya akar, daun kencur dapat juga dipakai untuk menangani demam, abuh dan antiradang.