Waktu Anda sakit atau akan terima vaksin, umumnya obat akan diberi lewat suntikan. Sayangnya, lihat jarum suntik yang tajam di muka mata, membuat nyali banyak orang menciut. Jika Anda memang terhitung orang yang takut disuntik, coba baca penjelasan berikut ini untuk menangani rasa takut itu.

Perawatan untuk menangani rasa takut disuntik Takut dengan jarum suntik diketahui dengan arti medis tripanofobia. Keadaan ini mengakibatkan satu orang yang alami kenaikan tekanan darah, detak jantung, serta tidak sadarkan diri sesudah lihat jarum. Umumnya yang memilikinya umumnya pernah alami trauma dengan pemakaian jarum.

Waktu sakit, penyembuhan orang dengan tripanofobia umumnya akan diupayakan tanpa ada lewat suntikan. Sayangnya, tidak semua penyembuhan dapat diberi melalui oral (mulut) atau topikal (dioles-oleskan ke kulit).

Mengakibatkan, harus, beberapa obat yang cuma dapat diberi dengan intravena, harus disuntikan langsung ke pembuluh vena.

Untuk mengantisipasinya, pasien harus dapat menangani rasa takut disuntik lewat perawatan therapy kognitif serta tingkah laku (CBT).

Therapy ini akan menolong pasien dengan setahap kurangi rasa takutnya dengan beberapa tehnik, seperti lihat suntik melalui gambar atau video, lihat jarum suntik asli tanpa ada jarum, serta lihat jarum suntik utuh,

Tehnik ini akan dikerjakan dengan berulang-ulang serta setahap sampai pasien dapat mengatur diri dari rasa takut sampai gejalanya makin hari semakin lebih baik.

Panduan menangani rasa takut waktu ingin disuntik Walau takut disuntik, peluang mendapatkan penyembuhan lewat jarum suntik masih ada. Jika Anda ada pada kondisi ini, National Health Service memberi beberapa langkah untuk melawannya, misalnya:

1. Berikan tahu keadaan Anda

Jika Anda punya niat jalani perawatan yang menyertakan jarum suntik, berikan tahu fobia yang Anda punya pada team medis. Berikan tahu juga seberapa jauh perawatan yang Anda kerjakan untuk menangani rasa takut disuntik itu.

Dengan demikian, team medis dapat memberi perawatan secara paling pas serta berhati-hati tanpa ada menyebabkan timbulnya tanda-tanda fobia.

2. Kerjakan applied tension

Waktu Anda ketahui harus bertemu dengan jarum, tanda-tanda fobia bisa ada. Umumnya, Anda akan merasakan tegang serta kuatir hingga membuat tekanan darah tidak konstan. Nah, untuk menangani hal itu, coba untuk lakukan applied tension.

Applied tension ialah langkah menangani takut disuntik yang simpel, untuk kembalikan tekanan darah ke tingkat normal supaya Anda tidak tidak sadarkan diri. Cari tempat yang nyaman untuk Anda duduk. Selanjutnya, lemaskan otot-otot di tangan, leher, serta kaki sepanjang 10 sampai 15 detik.

Selanjutnya, benahi sikap duduk Anda bertambah tegak sepanjang 20 detik serta ulangilah pergerakan untuk melemaskan otot-otot. Kerjakan ini dengan berulang-ulang sampai Anda merasakan lebih baik.

Supaya dampaknya lebih maksimal, kerjakan tehnik ini dengan teratur 3x satu hari sepanjang 1 minggu sebelum penyuntikan dikerjakan.

3. Latihan pernafasan

Tidak hanya tehnik applied tension, Anda dapat juga lakukan latihan pernafasan untuk menangani rasa takut disuntik. Duduklah dengan nyaman, dengan tempat punggung tegak tetapi tidak kaku. Tempatkan satu tangan Anda di muka perut.

Mengambil napas panjang serta dalam dari hidung, mengeluarkan dengan perlahan-lahan melalui mulut. Kerjakan ini sekitar lima kali sampai Anda merasakan nyaman.

4. Mengmelawan ketakutan Anda

Sesudah Anda lakukan beberapa langkah menangani rasa takut disuntik di atas, setelah itu mengmelawan ketakutan itu. Anda dapat minta pertolongan suster atau orang paling dekat Anda untuk temani.

Sugesti pemikiran Anda jika jarum yang menyerang rasa-rasanya tidak sesakit yang Anda sangka, misalnya semudah gigitan semut atau cubitan tangan. Langkah berikut memang tidak gampang, tetapi jika dikerjakan dengan berkelanjutan, rasa takut dapat Anda kontrol lebih baik.

Sekalinya Anda tidak didiagnosis menderita tripanofobia, bila Anda memang merasakan merasa takut untuk disuntik, coba untuk ikuti panduan di atas untuk menanganinya.