Memang melukis tembok dengan cat termasuk susah-susah gampang. Mudah tentunya buat mereka yang telah memiliki hoby melukis. Hingga kuas yang umumnya dia catatkan dalam kanvas atau kertas tinggal ditukar dengan media tembok.

Tapi buat yang tidak memiliki hoby serta talenta melukis pasti membuat mural tidak dapat disebut mudah. Karena itu, pada posting ini akan di jabarkan langkah melukis tembok dengan cat. Dengan panduan ini mudah-mudahan Anda tak perlu menyewa layanan pelukis tembok. Dengan begitu Anda tak perlu keluarkan ongkos penambahan.

Yakinkan Dinding Bersih

Sebelum Anda melukis tembok dengan cat, yakinkan dinding yang akan dilukisi betul-betul bersih dari debu atau kotoran lainnya yang akan mengganggu penampilan mural Anda. Dengan begitu, cat yang Anda pakai bisa tampilkan warnanya dengan prima dengan kesetimbangan yang sesuai kemauan Anda.

Sesudah Anda meyakini dengan kebersihan tembok, langkah melukis tembok dengan cat ini sebaiknya Anda mulai dengan warna fundamen. Maksudnya untuk menguatkan daya lekat cat selanjutnya. Anda bisa memakai warna fundamen cat, putih atau warna netral lainnya. Tapi dianjurkan Anda memakai warna fundamen putih.

Warna cat fundamen putih ini akan anggota keuntungan saat Anda menyapukan beberapa warna selanjutnya. Keuntungan itu diantaranya ialah hemat serta memberikan kesan-kesan halus pada beberapa warna selanjutnya.

Bikinlah Design Gambar

Langkah melukis dinding dengan cat selanjutnya ialah membuat design lukisan dinding. Karena itu Anda bisa memakai dua taktik. Yang pertama Anda membuat design gambar di atas kertas gambar atau di atas plastik yang nanti bisa Anda sorotkan dengan sinar ke dinding. Yang ke-2, bila Anda telah meyakini, Anda bisa membuat design atau skema lukisan dinding langsung pada dinding.

Anda bisa memakai beberapa alat serta peralatan untuk bikin lukisan tembok dengan cat ini. Beberapa alat yang bisa Anda pakai diantaranya, sapu, selotip, memakai spon, kain serta telenan. Tentunya alat yang Anda pakai ialah alat yang sesuai gambar yang akan Anda buat di tembok.
Pakai Tehnik Membuat Lukisan Tembok yang Sesuai dengan

Terdapat beberapa tehnik yang bisa Anda aplikasikan saat Anda ingin membuat lukisan tembok dengan cat. Beberapa tehnik itu diantaranya tehnik sponging, tehnik stippling, tehnik stensil, tehnik antiquing serta galzing. Serta di bawah ini keterangan dari beberapa tehnik membuat lukisan tembok dengan cat itu.

Tehnik Sponging

Tehnik ini bisa Anda kerjakan dengan sponging atau mengusapkan spon yang telah Anda celupkan dalam cat. Tehnik ini benar-benar pas dipakai untuk membuat warna memiliki tekstur, seperti awan atau dedaunan. Anda bisa menyapukan spon tertera di atas warna lainnya hingga warnanya jadi lebih dalam.

Beberapa langkah membuat lukisan tembok dengan cat memakai tehnik sponging ini ialah, pertama silahkan Anda celupkan spon ke air selanjutnya peraslah untuk kurangi air yang meresap di spon. Ke-2, celupkan spon itu ke cat. Bila Anda cemas cat Anda begitu kental, Anda bisa menipiskannya noda cat pada spon itu dengan kain kertas.

Kemudian, Anda dapat langsung mengusap atau mengusapkan spon itu pada ruang yang telah Anda tetapkan. Kreatifitas serta imajinasi Anda bisa menolong membuat lukisan dinding yang indah dan unik. Sebab tehnik ini akan memberi struktur yang benar-benar artistik. Diluar itu dengan mengimplementasikan tehnik ini Anda bisa dengan cepat dan mudah isi ruang yang luas dengan cat.

Tehnik Stippling

Salah satunya langkah melukis gambar tembok dengan cat setelah itu memakai tehnik stippling. Tehnik ini termasuk juga yang seringkali dipakai oleh beberapa pelukis tembok. Tehnik ini dipakai untuk membuat detil warna tanpa ada mencemaskan kombinasi warna yang halus.

Anda bisa lakukan beberapa langkah berikut untuk melukis gambar tembok dengan tehnik stippling. Pertama, Anda bisa menyapukan underprinting dengan warna tersendiri (sesuai dengan yang Anda kehendaki) pada ruang yang ingin Anda cat. Sesudah cat mongering, catlah dengan susunan yang tipis serta lembut di atasnya. Anda bisa pilih warna selanjutnya dengan warna yang lebih gelap.

Seterusnya, waktu cat masih basah berikan cat basah dengan sikat stippling kering dengan warna baru di seputar susunan sampai susunan baru semua dibintiki oleh sikat stippling barusan. Kerjakan hal tersebut berkali-kali pada ruang yang Anda kehendaki.

Tehnik Stensil

Berlainan dengan tehnik awalnya, tehnik ini termasuk benar-benar gampang sebab stensil ialah tehnik membuat lukisan di tembok dengan cetakan. Cetakan dari tehnik inipun bisa dibeli serta Anda bisa pilih beberapa motif seperti keinginan Anda, dari mulai motif hewan, pohon, daun atau planet atau motif-motif lainnya.

Diperlukan kehati-hatian dalam memakai tehnik ini, supaya dinding tidak kelihatan kotor oleh sisa-sisa cat. Langkah melukis tembok dengan cat ini ialah pakai solasi (tape) untuk ikuti skema stensil pada dinding. Ke-2 tangan Anda semua menggenggam fungsi penting. Satu tangan menggenggam stensil sedang lainnya menggenggam cat.

Tehnik Antiquing (Barang Antik)

Tehnik ini dipakai untuk membuat lukisan dinding yang kelihatan tua. Untuk dinding antik, campur warna yang diharapkan dengan media akrilik kaca dengan perbandingan 4 sampai 5 glasir untuk 1 sisi cat. Selanjutnya oleskan kombinasi barusan ke dinding secara cepat. Waktu cat masih basah oleskan kain bersih (missal katun tipis) di atas cat itu untuk menebarkan warna di sekelilingnya. Pakai warna yang lebih gelap pada pojok serta pinggir dinding untuk membuat dampak tersendiri.

Tehnik Glazur

Tehnik ini dipakai untuk meningkatkan dimensi serta shading pada mural. Anda bisa mencampurkan cat akrilik dengan media akrilik emas glazing liquid hingga ada dampak tajam, tipis serta transparan pada lukisan tembok Anda.

Sesudah Anda usai melukis tembok dengan cat, langkah selanjutnya ialah lakukan finishing. Pada langkah paling akhir ini Anda bisa melapisi lukisan Anda dengan vernis type doff hingga lukisan tidak menyilaukan bila terserang sinar lampu saat malam hari.

Itu cara-cara melukis di tembok dengan cat dan tekniknya. Silahkan pilih tehnik mana yang akan Anda pakai. Percayalah kesuksesan membuat lukisan dinding dengan tangan sendiri akan anggota kebanggaan serta kenikmatan tertentu buat Anda.