Kita sudah pasti familiar dengan yang namanya bawang. Tapi, apa kamu pernah dengar bawang Dayak awalnya? Sesuai namanya bawang ini datang dari suku Dayak di Kalimantan. Tanaman bernama latin Eleutherine palmifolia ini mempunyai panggilan lokal yang bermacam seperti bawang Tiwai, bawang Sabrang, serta bawang Berlian.

Dibandingkan bawang biasa, bawang dayak mempunyai senyawa yang demikian komplet hingga lumrah saja faedahnya banyak. Senyawa itu meliputi seperti flavonoid, glikosida, steroid, tanin, alkaloid, fenolik, dan saponin. Kandungan flavonoid bisa bermanfaat jadi anti-oksidan, anti-inflamasi, kurangi penyakit kardiovaskuler, serta penangkal radikal bebas.

Karena khasiatnya yang lumayan banyak, bawang dayak seringkali dipakai jadi obat tradisionil. Sejak dahulu bawang ini telah dipakai untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk, flu, peradangan, sakit tenggorokan, sampai kanker. Berikut penjelasan tentang faedah bawang dayak.

Faedah Bawang Dayak untuk Kesehatan serta Penyembuhan

1. Menyembuhkan amandel

Amandel atau tonsilitis biasanya karena disebabkan virus serta bakteri. Mereka yang menanggung derita penyakit ini umumnya akan alami pusing, demam, ngilu tenggorokan, sakit telinga, sampai batuk yang tidak segera pulih.

Bila dibiarkan, amandel akan makin jadi membesar hingga mengakibatkan pasien susah menelan makanan. Nah untuk mengobatinya, kamu dapat konsumsi bawang dayak yang memiliki kandungan flavonoid ini.

2. Mengobati sakit perut

Pemicu sakit perut cukup bermacam. Ada yang karena disebabkan diare, salah makan, masuk angin, sampai tukak lambung. Kadang walau remeh, sakit perut dapat jadi salah satunya tanda-tanda terdapatnya penyakit tersendiri seperti batu ginjal.

Untuk mengobati sakit perut seperti ngilu serta perih, kamu dapat konsumsi bawang dayak ini. Didalamnya terdapat alkaloid yang bermanfaat untuk meredam rasa sakit yang karena disebabkan peradangan.

3. Menyembuhkan flu serta batuk

Suku Dayak dari dahulu sampai saat ini masih seringkali manfaatkan bawang type ini jadi fasilitas penyembuhan. Salah satunya penyakit yang dapat sembuh adalah flu serta batuk. Ini bisa berlangsung sebab dalam bawang dayak terdapat senyawa antibakterial yang bekerja menantang virus influenza pemicu pilek.

4. Menahan serta menyembuhkan hepatitis

Manfaat bawang dayak tidak bermain-main. Tidak hanya bisa menangani penyakit mudah, nyatanya bawang ini ampuh untuk menahan hepatitis, yakni infeksi serius di hati yang dikarenakan oleh virus. Serta beberapa pakar merekomendasikan supaya pasien penyakit kuning konsumsi bumbu dapur ini supaya cepat pulih.

5. Tingkatkan ketahanan badan yang lemah

Ketahanan badan tiap orang berlainan. Ada yang kuat dan ada juga yang lemah hingga benar-benar gampang terkena penyakit. Nah untuk tingkatkan kebal badan, mengonsumsi bawang dayak benar-benar dianjurkan. Kandungan vitamin C bermanfaat tingkatkan skema imunitas badan pada virus.

6. Menghalangi perkembangan sel kanker serta tumor

Kanker serta tumor masih jadi penyakit menakutkan buat umat manusia. Sebab sampai sekarang, kesempatan pulih dari ke-2 penyakit itu sangat kecil. Umumnya penderitanya berbuntut pada kematian.

Sebelum semua telat, kita masih dapat menghalangi atau serta menahan perkembangan sel abnormal itu dengan mengonsumsi bawang dayak. Menurut riset, bawang ini mempunyai senyawa naphtoquinones yang disebut jadi salah satu beberapa bahan alami pelawan kanker.

7. Bersihkan badan dari bakteri

Bawang dayak mempunyai kandungan antibakterial tinggi yang tentu saja efisien untuk membunuh bakteri pemicu penyakit. Dengan konsumsi bawang ini, karena itu kamu akan terlepas dari semua bakteri yang meneror kesehatan. Baik itu bakteri yang punya potensi mengakibatkan penyakit atau mengakibatkan kerusakan imun badan.

8. Menahan berlangsungnya satu infeksi

Bawang dayak dapat jadi antiseptik alami untuk bersihkan cedera baru. Didalamnya terdapat bermacam senyawa yang bermanfaat untuk membunuh bakteri serta virus pemicu peradangan pada cedera baru. Namun, yakinkan dahulu kamu tidak menanggung derita masalah kulit yang lain saat menggunakan bawang ini.

9. Menyembuhkan asam urat

Asam urat umumnya banyak menyerang golongan lanjut usia. Tetapi meskipun begitu, tidak tutup peluang anak muda juga dapat juga terserang efeknya. Sebelum semua telat makanlah bawang dayak dengan teratur untuk menahan asam urat. Kandungan purin pada tubuh bisa dinetralkan saat berjumpa dengan tanin serta senyawa aktif yang lain dari bawang dayak.

Untuk memperoleh semua faedah bawang dayak di atas, kita dapat memasukkan bahan alami ini dalam tiap menu masakan. Atau, kamu dapat juga membuat berbentuk juice fresh. Selamat coba serta mudah-mudahan berguna.a