Semarakkan-Gelar-Potensi-Karang-Taruna-Banjar,-SMAN-2-Banjar-Pamerkan-Bonpisle
Gelar Potensi Karang Taruna Banjar dimeriahkan dengan berbagai pameran produk kreasi usaha dari berbagai sekolah, Usaha Kecil Menengah (UKM), serta instansi atau dinas yang berada di Kota Banjar.

Ada banyak stand-stand pameran yang menyajikan berbagai produk kreativitas mulai dari makanan berat, camilan, hingga kerajinan tangan. Acara tersebut adalah bagian dari serangkaian perayaan peringatan Dirgahayu Karang Taruna Kota Banjar yang ke-59.

Bonpisle Karya SMAN 2 Banjar Dipamerkan dalam Gelar Potensi Karang Taruna Banjar
SMAN 2 Banjar turut menyemarakkan gelaran tersebut dengan memamerkan Bonpisle sebagai produk andalan. Bonpisle merupakan hasil olahan pangan berupa abon, jantung pisang, serta ikan lele, yang digagas oleh para siswa SMAN 2 Banjar. Bonpisle yang dipamerkan ini pun banyak mendapat perhatian dari para pengunjung Produk ini dipamerkan pada acara Gelar Potensi Karang Taruna Banjar yang diselenggarakan pada Jumat, 1 November 2019.


1. Seputar Produk Bonpisle
Sebagaimana dilansir dari harapanrakyat.com, Barnas, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMAN 2 Banjar menjelaskan bahwa Bonpisle adalah hasil karya dan kreasi siswa SMAN 2 Banjar. Produk Bonpisle ini pun telah diikutsertakan dalam beberapa ajang perlombaan.

Dinamakan Bonpisle karena bahannya terbuat dari abon, jantung pisang, serta ikan lele, yang kemudian nama ketiga bahan tersebut dipendekkan hingga membentuk singkatan Bonpisle. Abon dan jantung pisang diolah terlebih dahulu, kemudian dicampurkan dengan ikan lele.

2. Pencapaian Produk Bonpisle
Sebelum dipamerkan dalam Gelar Potensi Karang Taruna Banjar, Bonpisle karya SMAN 2 Banjar ini telah diikutsertakan dalam berbagai kompetisi perlombaan, baik dalam tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Barnas menjelaskan bahwa produk Bonpisle telah meraih juara pertama ketika mengikuti perlombaan di tingkat provinsi. Selain itu, Bonpisle juga telah dipilih menjadi olahan pangan terfavorit yang kemudian sukses mengantarkan SMAN 2 Banjar menjadi finalis dalam ajang bergengsi Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (Fiksi).

Adapun Bonpisle yang dipamerkan dalam acara Gelar Potensi Karang Taruna tersebut berjumlah total tiga puluh produk, dan sukses menarik perhatian pengunjung yang hadir untuk mencicipinya.

3. Tujuan Mengikutkan Produk Bonpisle dalam Gelar Potensi Karang Taruna
Barnas juga menuturkan bahwa pihak sekolah memang sengaja mengikutsertakan karya siswa dalam Gelar Potensi Karang Taruna Banjar. Hal ini sebagai upaya dari sekolah guna memberikan motivasi sekaligus mendorong para peserta didik agar lebih cakap dan mandiri dalam berwirausaha.

Secara umum sekolah hanya melakukan pembinaan kepada siswa terkait dunia kewirausahaan. Namun jika memang ada event yang tepat, sekolah juga berkewajiban memfasilitasi potensi siswa terutama dalam bidang kewirausahaan agar lebih siap di masa mendatang.

Barnas pun menyampaikan harapannya agar setelah lulus nanti, para peserta didik bisa memilih apakah akan melanjutkan kuliah, memulai wirausaha, atau memasuki dunia kerja. Semua pilihan ada konsekuensi masing-masing, dan para peserta didik diharapkan siap dengan apa yang ada di hadapan mereka.

4. Seputar Gelar Potensi Karang Taruna
Gelar Potensi Karang Taruna yang diselenggarakan di Kota Banjar merupakan satu acara dari serangkaian puncak peringatan Dirgahayu Karang Taruna Kota Banjar yang ke-59. Gelaran ini diadakan pada Jumat, 1 November 2019 dan diikuti oleh berbagai kalangan dari instansi dinas maupun nondinas yang turut membuka stand pameran.

Ketua Karang Taruna Kota Banjar, Agus Sumitro, menuturkan bahwa selain Gelar Potensi, akan ada beberapa agenda lain yang diadakan. Mulai dari kegiatan senam untuk ibu-ibu PAUD, pagelaran pentas seni, parade seni, serta pagelaran pencak silat oleh IPSI Kota Banjar.

Agus menyampaikan harapannya agar Karang Taruna ke depan bisa menampilkan lebih banyak produk dari tiap-tiap kelurahan dan desa, sehingga bisa memberikan kontribusi untuk terus berkarya membangun daerah.

Sejatinya kreativitas manusia dapat berkembang tanpa batas jika sering diasah dan diolah secara tepat. Bonpisle yang dipamerkan SMAN 2 Banjar hanyalah satu dari sekian banyak hasil kreativitas siswa. Oleh karena itu, baik instansi maupun perkumpulan Karang Taruna yang ada di Banjar hendaknya memfasilitasi acara untuk menampung hasil kreasi berbagai pihak. Salah satunya yakni dengan menggelar agenda Gelar Potensi Karang Taruna Banjar.