SehatQ.com-Berikan-Tips-Mencegah-Kehamilan-Selama-Pandemi

Kebijakan #Dirumahaja menciptakan masalah baru yaitu peningkatan angka kehamilan yang tidak direncanakan. Terbukti beberapa daerah mengalami lonjakan kehamilan, padahal pemerintah telah memberikan aturan untuk menunda program kehamilan selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan ibu hamil lebih rentan mengalami penularan virus corona yang bisa membahayakan kesehatan.
SehatQ.com merekomendasikan tips mencegah kehamilan selama pandemi dengan penggunaan alat kontrasepsi yang benar.

Metode kontrasepsi yang efektif cegah kehamilan selama pandemi

WHO mengungkapkan bahwa hubungan intim pada masa pandemi tidak bermasalah selama masing-masing pasangan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Namun, kehamilan yang tidak direncanakan pada masa gawat darurat bisa membahayakan kesehatan ibu dan bayi yang dikandung.

Guna menekan risiko terpapar virus corona lebih besar, sebaiknya Anda menggunakan metode kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan berikut ini.

1. Kontrasepsi jangka panjang

Banyak orang menunda rencana kontrasepsi karena khawatir terpapar virus corona. Wanita yang menggunakan kb suntik bulanan atau tiga bulan sekali tidak melakukan kontrasepsi di faskes. Keterbatasan layanan faskes menjadi kendala untuk melakukan kontrasepsi rutin tersebut. Akibatnya angka kehamilan meningkat seiring sang suami yang menerapkan WFH atau work from home.

Ada baiknya pertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi jangka panjang yang lebih aman yaitu implan atau IUD. Tanya Dokter di SehatQ bisa memberikan arahan untuk Anda yang masih bingung menentukan kontrasepsi yang tepat. Anda bisa melakukan janji di rumah sakit atau tempat rujukan untuk melakukan prosedur kontrasepsi tersebut.

2. Kontrasepsi praktis

Membeli alat kontrasepsi tanpa resep dokter bisa Anda pilih selama masa pandemi. Anda bisa membeli produk kondom dan pil KB di toko online tanpa harus berkunjung ke faskes terdekat. Di Toko SehatQ, Anda bisa membeli produk kontrasepsi yang kredibel sesuai pilihan.

3. Tetap konsultasi dengan dokter terkait penggunaan kontrasepsi darurat

Pil KB memang berguna untuk menekan risiko kehamilan tidak terencana selama masa pandemi. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan terus menerus. Kontrasepsi darurat tidak bisa digunakan dalam waktu lama sebab bisa berdampak pada kesehatan Anda. Pasalnya, alat kontrasepsi darurat digunakan sesuai dengan kapasitas hormon pemakai.

Sebaiknya gunakan alat kontrasepsi yang benar untuk mencegah kehamilan sekaligus menjaga kesehatan pribadi. Saat Anda mengalami efek pil KB yang serius seperti nyeri dada, sakit perut, gangguan penglihatan, sakit kepala tak tertahankan, dan bengkak pada paha atau kaki, maka wajib melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda juga akan mendapatkan arahan terkait kelompok wanita yang sebaiknya menghindari penggunaan kontrasepsi darurat ini.

Bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur, bisa menggunakan KB kalender yang bisa menekan angka kehamilan dengan baik. Butuh ketelitian yang akurat agar rencana kehamilan benar-benar bisa dikendalikan dengan baik.

Untuk Anda yang mungkin merencanakan program momongan selama pandemi, sebaiknya tunda rencana kehamilan sebab risiko terpapar virus corona masih tinggi. Ibu hamil bisa mengalami stress dan rasa cemas karena keterbatasan pemeriksaan di faskes pada masa pandemi.

Jika Anda ingin melakukan konsultasi dengan dokter kandungan terkait program kontrasepsi yang baik, bisa mengunjungi laman resmi SehatQ.com sekarang juga. Manfaatkan fitur Tanya Dokter untuk mendapatkan berbagai informasi terkait kesehatan selama masa pandemi.

Jika Anda tertarik membeli produk kontrasepsi darurat, gunakan fitur belanja di Toko SehatQ yang lebih aman, mudah dan praktis. Produk obat yang Anda butuhkan akan dikirim ke rumah tanpa risiko tertular virus corona, lho!