Jangan-Sembarangan,-Inilah-5-Cara-Atasi-Kulit-Berminyak-dengan-Benar
Foto : Canva.com pro

Pengetahuan yang baik untuk mengatasi masalah kulit berminyak yang dapat mengakibatkan jerawat sangatlah diperlukan. Karena apabila caranya tidak tepat atau berlebihan akan menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi dan menjadi kering. Ada banyak produk yang diformulasikan untuk masalah kulit berminyak, di antaranya adalah produk Some by Mi.

Sebenarnya, setiap wajah memang perlu memproduksi minyak alami, sebab minyak ini dapat menjaga kelembaban kulit dan mampu mencegah keriput. Sayangnya, jumlah minyak yang berlebihan akan menimbulkan masalah, sebab menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

Cara Atasi Kulit Berminyak

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit berminyak, seperti pertambahan usia, gangguan hormon, keturunan, dan sering berkeringat. Selain itu, stres juga dapat menjadi faktor internal. Apabila Anda tengah bermasalah dengan kulit berminyak dapat menggunakan cara berikut mengatasinya:

1. Cuci Muka Minimal 2x Sehari

Mencuci muka merupakan perawatan utama dan dasar dalam mengatasi kulit berminyak. Dengan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih wajah berbahan lembut akan membantu membersihkan wajah dari minyak, kotoran, dan keringat.

Setidaknya, cuci muka minimal 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Untuk Anda yang menggunakan make up, mencuci muka saja tidak cukup harus ditambah dengan pembersih make up agar pembersihan optimal.

2. Gunakan Pelembab Secara Rutin

Banyak orang percaya bahwa kulit wajah berminyak akan bertambah parah apabila diolesi pelembab. Faktanya, tidaklah demikian. Jika kulit Anda berminyak tetap membutuhkan pelembab, hanya saja penggunaannya harus diperhatikan.

Aplikasikan pelembab pada wajah pada pagi hari, tapi tidak perlu setiap hari. Dua hari sekali akan baik. Perhatikan juga pemilihan pelembab, jangan gunakan pelembab berbahan minyak karena dapat menutup pori-pori wajah.

3. Pilih Produk Perawatan Kulit dengan Saksama

Kulit berminyak membutuhkan perawatan yang tidak biasa, terutama dalam pemilihan produk perawatan kulit. Sebaiknya, hindari produk berbahan minyak dan alkohol. Cari produk dengan bahan dasar air dan mengandung tretinoin atau berbahan teh.

Some by Mi Miracle Toner memiliki kebaikan anti-inflamasi ekstrak daun teh yang mampu membantu mengecilkan pori-pori pada jenis kulit berminyak. Sangat aman dan cocok digunakan pada kulit berminyak dan berjerawat, karena mampu membuka pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.

Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat dan rutin akan memberikan efek positif berupa pengurangan kadar minyak pada wajah dan mengatasi permasalahan kulit berminyak.

4. Gunakan Kertas Minyak

Kulit berminyak rentan mengalami jerawat sehingga Anda membutuhkan bantuan untuk mengurangi kadar minyak agar tidak memunculkan jerawat. Menggunakan kertas minyak dapat menjadi salah satu pilihan, karena kertas ini mampu menyerap minyak dari kulit.

Bawalah kertas minyak ke mana pun Anda pergi ketika berada di luar rumah dan gunakan dengan cara menempelkan kertas tersebut ke area wajah yang berminyak dan tahan beberapa detik. Anda tidak perlu menggosoknya, sebab bukannya menyerap malah akan menyebarkan minyak ke wajah.

5. Menggunakan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya juga dapat membantu mengatasi kulit berminyak. Carilah produk dengan SPF 30 dan bebas minyak. Penggunaan tabir surya ini dapat melindungi kulit dari berbagai efek negatif ketika Anda berada di luar ruangan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker saat berada di luar untuk mengurangi debu hinggap di wajah.

Selain melakukan tindakan pencegahan ataupun perawatan untuk mengatasi kulit berminyak, Anda juga bisa memperbaiki dari dalam. Caranya dengan mengatur pola makan dan asupan nutrisi setiap hari. Apabila ingin mendapatkan produk Some by Mi untuk kulit berminyak, bisa membelinya di toko online kesayangan Anda.

 

Sumber:

  1. https://www.alodokter.com/cara-mengurangi-minyak-di-wajah-dengan-benar
  2. https://herstory.co.id/read283/lagi-trend-di-kalangan-anak-muda-ini-5-produk-some-by-mi-yang-wajib-kamu-punya
  3. https://www.popbela.com/beauty/skin/shavira-annisa-putri/7-rekomendasi-produk-some-by-mi-untuk-berbagai-jenis-kulit/6