Perkembangan ekonomi di dunia terus mengalami perkembangan yang semakin pesat berkat kecanggihan teknologi. Dewasa ini, alat komunikasi berkembang semakin modern sehingga memudahkan transaksi jual beli ke seluruh penjuru dunia. Selain itu, alat transportasi yang canggih membuat pengiriman barang ke luar negeri memakan waktu yang lebih singkat. Jasa kirim barang ke Malaysia dalam muatan besar bisa memilih ekspedisi kargo terpercaya.

Mengirim paket kargo ke luar negeri

Jika Anda seorang pengusaha yang baru mendaftarkan diri sebagai eksportir, wajib mengetahui jasa kirim barang ke Malaysia yang memberikan pelayanan terbaik. Jangan sampai paket Anda mengalami penolakan di bagian bea cukai karena berbagai faktor. Sebelum mengirim paket kargo ke luar negeri, simak 5 hal penting dalam pengiriman barang ke luar negeri berikut!

1. Perhatikan jenis barang yang akan dikirimkan

Setiap kerja sama ekonomi antar negara memiliki kebijakan masing-masing sehingga Anda tidak boleh mengabaikan poin paling krusial ini. Di ASEAN, Anda memiliki kemudahan untuk mengirim barang sesuai dengan kesepakatan dengan partner kerja di negara tetangga. Namun, pastikan Anda mengirim barang yang tidak masuk kategori barang terlarang atau dangerous goods, ya!

2. Memperhatikan jenis, nilai dan volume barang

Anda bisa bekerja sama dengan ekspedisi pengiriman ke luar negeri yang berkualitas. Jasa ekspedisi yang kredibel akan memberikan aturan kategori muatan masuk kargo atau pengiriman luar negeri biasa berdasarkan jenis, nilai dan volume paket tersebut.

3. Memilih layanan pengiriman

Setelah Anda memastikan bahwa pengiriman masuk dalam kategori cargo, maka bisa memilih layanan pengiriman muatan besar yang acap dikirim via pelabuhan laut. Ada pula pengiriman cargo dalam jumlah tertentu yang bisa melalui jalur udara sesuai dengan kebijakan pihak ekspedisi.

Jika ingin mengirim paket kargo ke Malaysia, ada beberapa jalur pelabuhan laut di Malaysia yang melayani pengiriman antar negara seperti Port Klang, Kuantan, Tanjung Pelepas, dan Johor.

4. Perhatikan harga layanan

Pengiriman ke luar negeri mematok biaya yang lebih mahal daripada domestik terkait kebijakan pajak dan sebagainya. Cek tarif pengiriman di luar negeri sesuai dengan keuangan usaha Anda. Jika harga yang diberikan per kilogram lebih mahal, tetapi memberikan jaminan paket lebih cepat sampai, kenapa Anda harus memilih cargo murah yang kurang profesional?

5. Pastikan melakukan pengemasan yang baik

Lakukan pengemasan paket dengan baik menggunakan media bubble wrap, styrofoam dan peti kayu. Apalagi Anda yang hendak mengirimkan barang mudah rusak atau pecah belak, pastikan melakukan pembungkusan paket sesuai dengan standarisasi pihak ekspedisi, ya!

Beberapa poin penting dalam mengirimkan paket kargo ke luar negeri bisa menjadi referensi Anda yang masih pemula. Jasa kirim barang ke Malaysia siap membantu pengiriman paket kargo dalam jumlah besar dengan harga lebih terjangkau dan terjamin asuransi.

 

Sumber

https://cargonesia.com/pengiriman-barang-ke-luar-negeri/