Term life insurance atau asuransi jiwa berjangka merupakan salah satu jenis asuransi jiwa yang banyak dipasarkan di Indonesia. Asuransi yang juga dikenal dengan istilah asuransi jiwa murni ini memiliki sistem pertanggungan dalam periode tertentu tergantung pada masa aktif polis asuransi. Artinya, perusahaan asuransi akan memberikan pembayaran atau uang pertanggungan apabila terta
nggung meninggal dalam periode tersebut.

Dengan begitu, apabila periode proteksi habis atau masa kontrak berakhir, segala bentuk klaim tidak dapat dilakukan bahkan jika tertanggung meninggal dunia. Pasalnya, risiko tersebut sudah terjadi di luar masa pertanggungan asuransi. Meski demikian, pemegang polis juga bisa memutuskan untuk memperpanjang polis asuransi jiwa atau mengubahnya jadi asuransi jiwa seumur hidup (permanen) pada saat kontrak asuransi jiwa berjangka habis apabila menghendakinya.

Cara Kerja Asuransi Jiwa Berjangka

Ketika Anda membeli polis asuransi jiwa, perusahaan asuransi akan menentukan premi berdasarkan dari total pertanggungannya. Faktor lain yang menentukan adalah usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan Anda. Bahkan, dalam beberapa kasus, tes kesehatan bisa jadi dibutuhkan sebagai syarat untuk memenuhi ketentuan tentang asuransi jiwa berjangka.

Sebagai tertanggung dan pemegang polis, apabila Anda meninggal selama masa pertanggungan asuransi, perusahaan asuransi akan membayarkan uang pertanggungan kepada ahli waris yang tercantum dalam polis. Misalnya pasangan, anak, atau orang tua. Manfaat uang tunai ini umumnya tidak dikenai pajak, dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti biaya pemakaman, biaya hidup sehari-hari, atau melunasi hutang. 

Hanya saja, apabila polis asuransi jiwa berjangka sudah berakhir lebih dulu sebelum tertanggung meninggal, perusahaan asuransi tidak memiliki kewajiban untuk membayar uang pertanggungan sama sekali. Dan apabila Anda memutuskan untuk memperpanjang masa kontrak atau periode asuransi, besar polisnya akan mengalami penyesuaian berdasarkan usia Anda pada tanggal pembaruan polis. 

Apa Bedanya dengan Asuransi Jiwa Seumur Hidup?

Perbedaan utama yang mendasari pengkategorian asuransi jiwa menjadi asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa seumur hidup adalah periode atau masa berlakunya polis. Di samping itu, aspek pembeda utama lainnya termasuk nilai tunai atau cash value, dan nilai preminya.

  • Nilai premi.

Salah satu kelebihan dari asuransi jiwa berjangka adalah premi yang relatif lebih murah, terutama jika dibandingkan dengan asuransi jiwa seumur hidup dari segi jumlah preminya. Oleh karena itu, Anda yang masih muda dan merintis karir bisa memilih produk asuransi jiwa yang satu ini sebagai bentuk proteksi, lalu Anda bisa perpanjang kontrak polis Anda atau meng-upgrade ke asuransi jiwa seumur hidup nantinya sesuai dengan kemampuan finansial yang sudah meningkat.

Meski demikian, sekali lagi catat bahwa nilai premi asuransi jiwa berjangka akan mengalami penyesuaian atau kenaikan ketika Anda memperpanjang masa polisnya, seiring dengan bertambahnya usia Anda. Sementara itu, asuransi jiwa seumur hidup memiliki nilai polis yang sama dari tahun ke tahun.

  • Masa berlaku pertanggungan asuransi.

Seperti yang sudah ditunjukkan oleh namanya, asuransi jiwa berjangka memiliki jangka waktu tertentu dalam hal perlindungan dan pertanggungan. Di samping itu, tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi, bisa jadi Anda tidak bisa memperpanjang atau memperbaharui polis setelah masanya berakhir apabila sejak awal polisnya tidak menyatakan bahwa ada jaminan perpanjangan atau pembaruan polis. 

Sementara itu, asuransi jiwa seumur hidup akan terus memberikan proteksi dan pertanggungan seumur hidup selama Anda terus membayar premi sesuai kesepakatan secara teratur.

  • Nilai investasi asuransi.

Beda dengan asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa berjangka umumnya tidak tersedia dalam opsi asuransi jiwa unit link yang punya manfaat investasi, atau asuransi jiwa dwiguna yang punya manfaat tabungan. Hal ini karena premi yang dibayarkan untuk polis asuransi jiwa berjangka murni hanya digunakan untuk uang pertanggungan saja – alasan inilah yang membuat asuransi jiwa berjangka juga dikenal dengan nama asuransi jiwa murni.

Bagaimana, apakah Anda sudah semakin paham apa itu asuransi jiwa berjangka? Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!